Perjalanan singkat menuju Bukum Simalem

Jalan menuju Bukum
Jalan menuju Desa Bukum, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang.
Sabtu, 25 Mei 2013 betepatan dengan Hari Raya Waisak Tahun 2557(Saka), jadi dalam kalender merupakan hari merah(libur), sehingga kami memutuskan untuk melakukan kegiatan lintas alam sekalian survey untuk rute napak tilas �sehna berita si-meriah man kalak Karo�. Dari Medan kemacetan bukan main panjangnya sehingga untuk sampai di Simpang Pasar Baru saja sudah pukul 11.25 wib.


Dari Sp. Pasar Baru (11.30 wib) kami bergerak menuju Buluh Awar dengan mengendarai mobil dan sepeda motor melewati jalan yang licin, berbatu, terjal, dan sangat rawan longsor, namun itu semua dapat terobati dengan suguhan udara dan air yang segar, keindahan alam, dan masyarakat yang kami temui yang ramah-ramah dan royal senyum. Sesampainya di Buluh Awar kami beristirahat sejenak sembari memeriksa kondisi kendaraan kami dan kemudian melanjutkan perjalanan dan beristirahat sambil makan siang di Maertelu(13.23 wib).

Dari maertelu kami bergerak menuju Bukum(14.18 wib) dan sampai di Bukum sudah pukul 14.45 wib sepertinya tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan lagi, sehingga kami mengurungkan niat kami dan menundanya hingga waktu yang dikemudian hari ditentukan.

Rabu (5 Juni 2013) hari yang disepakati. Kami memutuskan  bergerak dari Bandar Baru menuju Bukum menggunakan ojek sepeda motor untuk mempercepat gerak kami. Jadi, yang berangkat saya, bang Arnem Tarigan dan dua orang pemuda berdarah Nias sahabat bang Arnem. Dari Bandarbaru hingga ke Maertelu jalanan cukup bagus dan tidak ada masalah, namun memasuki simpang tiga menuju Bukum kerusakan sudah mulai terlihat, dan semakin mendekati bukum akan semakin parah lagi, dimana jalan berbatu-batu licin dan tajam, tergenang air yang deras, longsor, dan kadang terdapat genangan air dan kubangan yang cukup tebal dan dalam. Sungguh suatu pemamdangan yang sangat memilukan. (Sebelum lanjut membaca, ada baiknya kita dengarkan sejenal lagu berikut ini. :D)

Post a Comment

Previous Post Next Post