Ginting Munthe
Ginting Munte (Muthe) adalah salah satu cabang(sub-) merga dari merga Ginting(salah satu dari lima merga Karo)! Banyak orang beranggapan kalau merga ini sebenarnya berasal dari Batak(Toba atau Simalungen), akan tetapi jika kita menelisik pada tradisi dalam merga Ginting Munthe itu sendiri, dan jika kita kaitkan dengan tradisi pada sub-merga Karo-karo Sinulingga(Sinulingga telah menemui Ginting Munthe di Lingga sekitar awal-awal abad ke-13), tradisi Saragih Munthe( di Simalungun, Dalimunte di Labuhan Batu, dan sejarah Zending Hindu di Sumatera bagian timur, tengah, dan utara, serta catatan-catatan keberadaan(kemunculan) merga Munte itu sendiri, maka hal ini tidak-lah sejalan dari dimensi waktu dan tidak-lah masuk diakal.
Dipercaya, Si Raja Batak yang menurut tradisi Batak(Toba) adalah nenek moyang seluruh bangsa Batak yang daripadanya-lah lahirnya marga-marga Batak, yang hidup bersamaan waktunya denga kerajaan-kerajaan seperti: Haru(Karo), Nagur(di Sumatera Timur yang identik dengan Simalungun), Padang Lawas dan Pan-(Mandailing Tua), Sriwijaya, Majapahit(dalam kakawi Negarakertagama), Malaka, dll; Jika kita meninjau dari hal ini, dapat dipastikan bahwa setidaknya, Karo, Simalungun, dan Mandailing sudah ada saat dimana kemunculan Si Raja Batak yang juga dipercaya adalah aktivis dari salah satu kerajaan tersebut diatas yang mengungsi ke pedalaman Samosir, maka hidup Si Raja Batak dipredikasikan awal abad ke-13 M.
Mempelajari sejarah Munth� ini sangatlah menarik dan unik. Banyak etnis-etnis khususnya yang hidup di Sumatera(Karo, Simalungun, Mandailing, Toba, Pak-pak/Dairi, Gayo, Alas, dll) yang memiliki merga Munt� ini, dan bahkan tidak jarang mengklem bahwasanya Munth� ini berasal dari mereka, namun apa-pun itu kembali kepada pribadi kita masing-masing versi dari tradisi mana yang hendak kita pakai menjadi pedoman kita, namun fakta tetap-lah fakta walau sulit untuk kita menerimanya.
Di Eropa, tampaknya keberadaan Munte(Munthe) sudah mulai teridentifikasi setidaknya sejak tahun 990M. Di tahun 1000 � 1449 M di Eropah diketahui setidaknya 12 orang telah menggunakan kata Munth�(Mut�) ini dibelakang namanya, salah satunya dari temuan ijazah dari Ascricus van Munte(1072 M) dari Vlanderen yang sekarang merupakan wilayah Belgia. Apakah mungkin Munte yang di Sumatera sudah sampai di Belgia di Tahun 1000? Jika kita berpatok pada masa kemunculan kerajaan Aru/Haru(Karo), Nagur(identik dengan Simalungun), dan Padang Lawas serta Pan�( identik dengan Mandailing), ya mungkin saja! Mengingat, setidaknya aktivitas pelayaran internasional di Barus sudah dimulai sejak abad ke-5 M. Bahkan, di Norwegia di abad ke-16 M muncul Ludvig Munthe! Mengingat jarak antara Belgia dengan Norwegia yang sangat jauh(�) apakah keluarga Munt� Belgia ini sama dengan Munt� di Norwegia? Namun, jika ditinjau dari faktor waktu(tahun 1000 � 1500�an) dan geografis, hal ini juga sangat memungkinkan terjadi, mengingat pelabuhan Belgia yang berhadapan langsung dengan Laut Norwegia melalui Laut Utara yang diapit kepulauan Britania Raya di barat dan di sebelah timur dikelilingi daratan Eropa di pesisir pantai Belanda, Jerman, dan Denmark. Bahkan, silsilah dari Ludwig Munthe(1593-1649) ini disusun dengan sangat rapih oleh Severre Munthe, dalam buku Familiem Munthe In Norge. Sekitar tahun 1995 diperkirakan jumlah keturunannya yang teridentifikasi lebih lima ratus jiwa. Munthe di Norwegia ini juga mengakui dan menyatakan bahwa Vlanderen(Belgia) adalah tanah asal leluhur mereka ( Silahkan dilihat dokumen Munthe Eropah http://www.geocities.com/-ascricus/genealogy/surnames.htm -| http://genealogy.munthe.net | http://sverre.munthe.net ).
Dari cerita diatas, maka timbullah pertanyaan besar: apakah Munth�(Munt�) di Belgia, Norwegia, dan wilayah Eropah lainnya mencerminkan atau bahkan satu nenek moyang dengan Munt�(Munth�) yang tersebar di nusantara? Dan, darimanakah alsal Munt� ini sesungguhnya? Ya, itu pertanyaan yang menjadi misteri besar, tetapi setidaknya ada beberapa tradisi yang mendukung keberadaan Munthe itu lebih awal di utara Danau Toba(Karo), yakni: Tradisi Ginting Munthe itu sendiri, yang didukung oleh tradisi Ginting Pas�, Ginting Manik, Karo-karo Sinulingga(tradisi Karo), dll; dan juga tradisi Simalungun.
Dari cerita diatas, maka timbullah pertanyaan besar: apakah Munth�(Munt�) di Belgia, Norwegia, dan wilayah Eropah lainnya mencerminkan atau bahkan satu nenek moyang dengan Munt�(Munth�) yang tersebar di nusantara? Dan, darimanakah alsal Munt� ini sesungguhnya? Ya, itu pertanyaan yang menjadi misteri besar, tetapi setidaknya ada beberapa tradisi yang mendukung keberadaan Munthe itu lebih awal di utara Danau Toba(Karo), yakni: Tradisi Ginting Munthe itu sendiri, yang didukung oleh tradisi Ginting Pas�, Ginting Manik, Karo-karo Sinulingga(tradisi Karo), dll; dan juga tradisi Simalungun.
Sebuah cerita menarik, pernah dikatakan seorang Anthrofologi ber-merga Munt� yang tinggal di Madagaskar asal Norwegia mengunjungi Kuta Ajinembah, diantar oleh Pengurus Nomensen dan diterima oleh Pendeta Pantekosta Ajinembah (1971). Beliau mengemukakan bahwa leluhurnya berasal dari Ajinembah dirumah sendi, dan mengatakan �putih� dalam bahasa ibunya dengan �Mbulan�. (Penutur, penduduk Ajinembah, 2001 dalam buku Kenangan Marga Munth� , hal. 221).
Ginting Munth� dalam tradisi
Menurut tradisi lisan Karo yang juga dicatan oleh seorang misionaris Nederlandsche Zending-genoothschap(NZG) asal Belanda, Pdt. J. H. Neumann, dikatakan merga Ginting Munt�(Munth�) yang merupakan salah satu cabang(sub-)merga dari merga Ginting ini, awalnya tumbuh di wilayah Tongging(di Tanah Karo) begitu pula dengan Ginting Pas� dan juga Ginting Manik. Selanjutnya dikisahkan, keturunan dari Ginting Munte ini dari Tongging bermigrasi ke Becih dan Kuta Sanggar; selanjutnya ke Aji Nembah(masih dalam wilayah Taneh Karo). Keturunan yang di Aji Nembahini-lah yang kemudian bermigrasi kuta Munte dan sebagian ke wilayah Timur(Simalungun) dan berpencar ke sekitar wilayah Danau Toba lainnya. Hampir dibeberapa tradisi Munt� menyiratkan awal-awal leluhur mereka berasal dari kuta(kampung) Aji Nembah(di Taneh Karo) ini. Dalam tradisi yang berkembang di timur Danau Toba(Simalungun) proses migrasi ini diperkrakan terjadi sekitar tahun 1395 � 1435 Masehi, dimana Tuan Sipinangsori putra dari Jalak Karo yang berasal dari Aji Nembah sekitar tahun 1428 M menetap di Raja Simbolon dengan menunggangi horbo(kerbau)Sinanggalutu. Dan, hal ini juga didukung oleh tradisi Dalimunte yang berkembang di Labuhan Batu, dimana diceritakan saat Si Munt� dari Aji Nembah yang menunggangi �Kerbo Nenggala Lutu� ini membawa segenggam bibit kacang-kacangan yang disebut �dali� dan menanamnya kemudian tumbuh subur dan berbuah banyak, serta biji-bijian ini sangat disukai, sehingga para tetangga menawarkan barter dengan menyebut dali � Munt� dengan maksud �kacang mu o, Mut� � atau �minta kacangmu o, Munt� �. Sehingga dikemudian hari para keturunannya dipanggil dengan Dalimunte.
Setelah perjalanan panjang, akhirnya beberapa generasi Munt� yang berpencar di sekitar Danau Toba(Toba) ini merasuk kedalam kelompok-kelompok etnis sekitar, khususnya Batak(Toba dan Simalungun), ada juga yang kemudian mulih kuta(kembali) lagi ke kuta kemulihen(kampung halaman/kampung leluhur/kampung adat)-nya di Taneh Karo. Di daerah Kuala, merga ini kemudian pecah menjadi Ginting Tampune serta tersebar ke wilayah-wilayah Karo lainnya.
Mejuah-juah.
Mejuah-juah.
إرسال تعليق