Apak kata KBBI tentang KBB

        

 Sepanjang hari ini(17/9) cuaca sangat cerah dari pagi hingga sore. Bahkan sangat cerah dan panas sekali. Menjelang malam; selesai mandi sekitar Pukul 18. 00 wib saya masih merasa gerah. Sedikitpun tidak ada tanda-tanda akan turun hujan(karena sepanjang hari panas sehingga selalu mengamati cuaca dan berharap turun hujan). Namun, cuaca tiba-tiba berbuah, sekitar Pukul 18.45 wib hujan turun dengan dibarengi angina kencang dan deru petir, sehingga sedikit takut menonton TV(maklum di daerah saya sering kejadian tv/radio, ponsel, dll disambar petir). Jadi, agar tidak bosan diam saja di ruman, saya � pun menyetel music di labtob berencana sambil chatting, namun entah mengapa susah untuk terhubung ke jaringan internet, maka iseng-iseng saya test beberapa software yang baru saya download ( dan istal tentunya)(link unduhnya: http://kbbi-offline.googlecode.com/files/kbbi-offline-1.5.exe) , - salah satu yang menarik perhatian saya adalah software KBBI Offline 1. 5 yang merupakan software Kamus Besar Bahasa Indonesia Luar Jaringan(Luring/versi Offline-nya).

          Saya coba ketikkan beberapa kata untuk melihat penjelasan arti lebih luasnya, sambil menguji seberapa mumpuni software yang sederhana ini. Iseng saya kemudian mengetika kata kunci(keyword): �Suku Karo�, maka, berikut yang keluar(semua yang bertautan dengan kata �suku karo�):
Dengan kata kunci "Suku Karo"
Dengan kata kunci "Suku Karo"
Kemudian saya coba dengan keyword lebih sederhana lagi, yakni: �karo�, maka yang muncul beberapa kata, namun saya seleksi �karo� yang berkaitan dengan �Karo� (suku/etnis/daerah) sebagai berikut!
Dengan kata kunci "karo"
Dengan kata kunci "karo"
Dengan kata kunci �karo�, setelah diseleksi dengan teliti, maka muncul tiga kata yang memiliki keterkaitan dengan �Karo� (etnis/suku/daerah), namuan hanya satu kata yang benar-benar merupakan dari istilah Karo asli, yakni: �gundala[-gundala] yakni tarian topeng tradisonal suku Karo. Sedangkan pe- le � begu seharusnya perbegu; parmalin(Tapanuli) seharusnya pemena(Karo).

          Kemudian, saya coba masukkan kata kunci �suku batak karo�. Hasilnya, tidak ada kata yang ditemukan yang berkaitan dengan �suku batak karo!�, demikian juga jika kita pakai kata kunci �batak karo/karo batak�.
Dengan kata kunci "Batak Karo/Karo Batak/Suku Batak Karo"
Dengan kata kunci "Batak Karo/Karo Batak/Suku Batak Karo"
 Bagaimana pula jika kita memakai kata kunci �batak� saja? Demikian hasil penulusuran 



Post a Comment

Previous Post Next Post