Ginting Serragih


       
                Ginting Serragih, adalah salah satu cabang(sub-)merga dari merga Ginting, sehingga dalam penamaannya disebutkan dengan Ginting Serragih. Menurut J. H. Neumann, Ginting Serragih ini merupakan salah satu Ginting Tua yang menyebar ke Simalungun dan Batak(Toba) yang dikemudian hari di Simalungun menjadi Saragih atau juga Saragih Munthe dan Saragi di Batak(Toba). 

Beberapa budayawan dan sejarahwan Karo berpendapat kalau Ginting Serragih ini merupakan sembuyak(saudara kandung) dari Ginting Munte dan Ginting Manik, hal ini dikarenakan oleh karena kuta(kampung) asal mereka(kuta awal kemunculan mereka), serta jalur dan waktu penyebaran mereka yang hampir bersamaan. Namu, ada juga yang berpendapat kalau Ginting Serragih ini, adalah pecahan(keturunan) dari Ginting Munte yang menyebar ke wilayah Simalungun dan Tapanuli Utara(Toba), yang dimana dikemudian hari mereka menjadi Saragih ataupun juga Saragih Munte di Timur Danau Toba(Simalungun) dan menjadi Saragi di Toba yang keturunannya ini kemudian sebahagian mulih kuta(pulang kampung) ke Taneh Karo dan bergabung kembali dengan kaumnya Ginting Serragih di Taneh Karo.

            Adapun negeri/wilayah bentukan ataupun kekuasaan dari merga Ginting Serragih ini, yakni: Kerajaan Urung Tanjung Morawa, dan kuta kemulihen-nya(kampung adat, kampung halaman leluhur) mereka, adalah Lingga Julu dan Surbakti. Mejuah-juah!


Post a Comment

Previous Post Next Post